I.
PENDAHULUAN
Perlu diperhatikan bahwa dzikir merupakan
ibadah didalam agama Islam, karenanya harus ada keterangan dari Al-Qur’an dan
As-Sunnah yang shohih. Bila tidak ada keterangan/penjelasan/anjuran dari
Al-Qur’an dan As-Sunnah –dari siapapun datangnya-, maka hal tersebut bukanlah
termasuk ibadah akan tetapi suatu bid’ah yang sesat dan munkar. Sebagaimana
kaidah umum yang telah masyhur bahwa setiap ibadah haruslah memenuhi dua
syarat, yaitu Ikhlas dan Ittiba’, sebagaimana yang disabdakan
oleh Rosululloh shallallahu
'alaihi wa sallam:
عن أمير المؤمنين أبي حفص عمر بن الخطاب رضي الله عنه قال
سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول " إنما الأعمال بالنيات , وإنما لكل
امرئ ما نوى , فمن
كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله ورسوله , ومن كانت هجرته إلى دنيا
يصيبها و امرأة ينكحها فهجرته إلى ما هاجر إليه " متفق عليه
Dari Amirul Mukminin Abu Hafsh, Umar
bin Al-Khathab radhiyallahu 'anhu, ia berkata : “Aku mendengar Rasulullah
shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: “Segala amal itu tergantung niatnya,
dan setiap orang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Maka barang siapa yang
hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya itu kepada Allah dan
Rasul-Nya. Barang siapa yang hijrahnya itu Karena kesenangan dunia atau karena
seorang wanita yang akan dikawininya, maka hijrahnya itu kepada apa yang
ditujunya”. (HR.
Bukhori-Muslim)
عن أم المؤمنين أم عبدالله عائشة رضي الله عنها قال : قال
رسول الله صلى الله عليه وسلم " من أحدث في أمرنا هذا ما ليس منه فهو رد
" رواه البخاري ومسلم , وفي رواية لمسلم " من عمل عملا ليس عليه أمرنا
فهو رد
Dari Ummul
mukminin, Ummu 'Abdillah, ‘Aisyah radhiallahu 'anha, ia berkata bahwa
Rasulullah bersabda: “Barangsiapa yang mengada-adakan sesuatu dalam urusan
agama kami ini yang bukan dari kami, maka dia tertolak". (Bukhari dan
Muslim. Dalam riwayat Muslim : “Barangsiapa melakukan suatu amal yang tidak
sesuai urusan kami, maka dia tertolak”)
II.
HADITS-HADITS
SHOHIH TENTANG DZIKIR SETELAH SHOLAT FARDLU
Sebelum kami simpulkan kaidah-kaidah
dzikir, berikut kami sampaikan terlebih dahulu hadits-hadits shohih dari
Rosululloh mengenai dzikir setelah sholat.
1. عن
ثوبان قالَ: كانَ رسولُ اللهِ صلى اللهُ عليه وسلم إذَا انْصرفَ مِن صَلاتِه قالَ:
أَسْتَغْفِرُاللَهَ – ثلاثًا ثمَّ قالَ: اللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ
السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْإكْرَامِ (صحيحٌ، أَخرَجَه مسلم
وأحمد وأبو داود والنسائي وابن خزيمة والدارمى وابن ماجه)
Dari Tsauban berkata: Rosululloh ketika
selesai dari sholatnya membaca: “Astaghfirulloh” (Aku memohon ampun pada
Alloh) tiga kali kemudian membaca: “Allohumma antas salaam waminkas salaam
tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikrom” (Ya Allah Engkau Maha Sejahtera,
dari-Mu kesejahteraan, Maha Berkah Engkau wahai Dzat yang memiliki Keagungan
dan Kemuliaan )
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad,
Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah, Ad Daarimi dan Ibnu Majah)
Keterangan:
Secara
lahir nampak bahwa inilah bacaan yang langsung Rosululloh baca selepas sholat,
karenanya bacaan inilah yang pertama diucapkan seorang mukmin setelah salam
ketika sholat wajib dan bukan bacaan yang lainnya semisal tahmid
(Alhamdulillah), al-fatihah dan sebagainya. Yaitu:
Mengucap
Astaghfirulloh (أَسْتَغْفِرُاللَهَ
)sebanyak 3 kali kemudian,
Mengucap
Allohumma antas salaam waminkas salaam tabaarokta yaa dzaljalaali wal ikrom
(اللّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ
السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْإكْرَامِ)
sebanyak 1 kali.
2. كانَ
ابنُ الزُبَير يقُول فِي دُبُر كلِّ صلاةٍ: لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ،
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ
إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَ هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ
الْكَافِرُوْنَ. قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يهلّل بهنّ دبر كلّ صلاة.
(صحيح، أخرجه مسلم وأحمد وأبو داود والنسائي وابن خزيمه)
Ibnu Zubair
diakhir setiap sholat (wajib) membaca: “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa
syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, laa
haula walaa quwwata illaa billah laa ilaaha illallohu walaa na’budu illa
iyyahu, lahun ni’matu walahul fadlu walahuts tsanaa’ulhasan, laa ilaaha
illallohu mukhlishiina lahud diin walau karihal kaafiruun” (Tidak ada Ilah
yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya
seluruh kerajaan dan milik-Nya segala pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala
sesuatu, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah. Tidak ada Ilah
yang berhak disembah kecuali Allah dan kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya,
milik-Nya segala nikmat, milik-Nya segala keutamaan dan milik-Nya segala
sanjungan yang baik. Tidak ada Ilah yang berhak disembah kecuali Allah dengan
mengikhlaskan agama (ketundukan) untuk-Nya walaupun orang-orang kafir benci) Ibnu
Zubair berkata: “Rosululloh senantiasa bertahlil dengan bacaan ini diakhir
setiap sholat (wajib).
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad,
Abu Dawud, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari
hadits diatas dapat disimpulkan salah satu bentuk dzikir tahlil yaitu:
Mengucap
Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu
wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, laa haula walaa quwwata illaa billah laa
ilaaha illallohu walaa na’budu illa iyyahu, lahun ni’matu walahul fadlu
walahuts tsanaa’ulhasan, laa ilaaha illallohu mukhlishiina lahud diin walau
karihal kaafiruun
)لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ،
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ
إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَ هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْن(
sebanyak 1 kali.
3. عن وراد
كاتب المغيرة بن شعبة قال: أملى عليّ المغيرة بن شعبة في كتاب إلى معاوية: أنّ
النبيّ الله صلى الله عليه وسلم كان يقول في دبر كلّ صلاة مكتوبة: لاَإِلَهَ
إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ
عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ
مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ تَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ. (صحيح، أخرجه
البخاري و مسلم وأحمد والنسائي وابن خزيمة)
Dari Warrod, juru
tulis Al-Mughiroh bin Syu’bah, ia berkata: Al-Mughiroh bin Syu’bah mendiktekan
kepadaku sebuah surat untuk Mu’awiyah: bahwasannya Rosululloh dibelakang setiap
sholat wajib biasa membaca: “Laa ilaaha illallohu wahdahu laa syariika lahu
lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai’in qodiir, Allohumma laa
maani’a lima a’thoita walaa mu’thiya lima mana’ta wala yanfa’u dzaljaddi
minkaljaddu”
(shohih; dikeluarkan
oleh imam Al-Bukhori, Muslim, Ahmad, An-Nasa’i, Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari
hadits diatas dapat disimpulkan salah satu bentuk dzikir tahlil yaitu:
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ،
اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ
Sifat dzikir ini juga termasuk bentuk
tahlil yang diajarkan Rosululloh. Secara lahir urutan bacaan dzikirnya adalah
bahwa kedua bentuk dzikir tahlil diatas (no 2&3) dibaca setelah bentuk
dzikir pertama.
4. عن أبِي هريرةَ قالَ: قالَ رسولُ اللهِ صلّى اللهُ عليه وسلّمَ: مَن
سَبّحَ اللهَ فِي دُبرِ كلِّ صلاةٍ ثلاثًا وثلاثينَ، وحَمِدَ اللهَ ثلاثًا
وثلاثين، وكبَّرَالله ثلاثًا ثلاثين، فتِلْكَ تِسعَةٌ وتسعُون، ثُمَّ قالَ تمَامَ
المِائَة: [لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ
وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ] غُفِرَت لَهُ خَطايَاه وإنْ كَانتْ
مِثلَ زَبدِ البحرِ. (صحيح، أخرجه مسلم وأحمد وابن خزيمة والبيهقي)
Dari Abu
Huroiroh, ia berkata: Rosululloh bersabda: “Siapa saja yang mensucikan Alloh
(bertasbih) di belakang setiap sholat (wajib) sebanyak tiga puluh tiga kali,
dan memuji Alloh (bertahmid) tiga puluh tiga kali, dan mengagungkan Alloh (bertakbir)
tiga puluh tiga kali, maka yang demikian (telah terkumpul) sembilan puluh
sembilan, lalu mengucapkan yang keseratus untuk menyempurnakan “Laa ilaaha
illallohu wahdahu laa syariika lahu lahulmulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli
syai’in qodiir”, niscaya diampuni kesalahan-kesalahannya meskipun sebanyak
buih di laut.”
(Shohih;
dikeluarkan oleh imam Muslim, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Al-Baihaqi)
5. عن كَعْب
ابنِ عُجْزَة قالَ: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مُعَقِّباتٌ
لا يَخِيب قَائلُهُنَّ أَو فَاعِلُهُنّ، دُبرَ كُلِّ صلاةٍ مكتوبةٍ، ثلاثٌ وثلاثون
تَسْبيحَةً، و ثلاث وثلاثون تَحْمِيدَةً, و ثلاث وثلاثون تكبيرةً. (صحيح، أخرجه
مسلم والنسائي والترمذى والطيالسي والبيهقي)
Dari bin ‘Ujzah berkata: Rosululloh
bersabda: “Beberapa kalimat yang diucapkan setelah sholat wajib, tidak akan
merugi orang yang mengucapkannya atau mengamalkannya, yaitu (mengucapkan) tiga
puluh tiga kali tasbih, tiga puluh tiga kali tahmid dan tiga puluh tiga kali
takbir.”
(Shohih;
dikeluarkan oleh imam Muslim, An-Nasa’I, At-Tirmidzi, At-Thoyalisi, Al-Baihaqi)
6. عن زَيْد
ابنِ ثَابِت قال: أُمِرُوا أنْ يُسَبّحوا دُبُرَ كلّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين، ويحمدوا
ثلاثا وثلاثين، ويكبّروا أربعاً وثلاثين . فأُتِيَ رجلٌ من الأنصار
في منَامِهِ، فَقِيْلَ له: أمَركُمْ رسولُ الله صلى الله عليه وسلم أن تسبّحوا دبر
كلّ صلاة ثلاثا وثلاثين، ويحمدوا ثلاثا وثلاثين، ويكبّروا ثلاث وثلاثين؟ قال نَعَمْ!
قال: فاجْعَلُوهَا خمسًا وعشرين، واجعلوها التَّهْلِيلَ. فلَمَّا أَصْبَحَ أتى
النبي صلى الله عليه وسلّم فذَكَرَ ذلك له. فقال: اجْعَلُوها كذلك. (صحيح، أخرجه وأحمد
والنسائي وابن خزيمة والحاكم والدارمي وابن حبان)
Dari Zaib bin
Tsabit berkata: “Mereka (para sahabat) diperintahkan untuk bertasbih setelah
tiap-tiap sholat (fardlu) sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga
puluh tiga kali dan bertakbir tiga puluh empat kali. Kemudian seorang laki-laki
dari kaum Anshor mendapat mimpi yang dikatakan padanya (dalam mimpi tersebut):
“Apakah Rosululloh menyuruh kalian untuk bertasbih setelah tiap-tiap sholat
(fardlu) sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmid tiga puluh tiga kali dan
bertakbir tiga puluh empat kali?” laki-laki itu menjawab “Benar” berkata ia: “
Maka jadikanlah dzikir tersebut (masing-masing) berjumlah dua puluh lima dan
(tambahkan) juga tahlil (dua puluh lima juga)” lalu ketika pagi tiba laki-laki
itu mendatangi Nabi dan menceritakan mimpinya, lalu Nabi bersabda: “Jadikanlah
seperti itu (sesuai mimi itu).”
(Shohih; dikeluarkan oleh imam Ahmad, An-Nasa’I,
Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim, Ad-Darimi, Ibnu Hibban)
Keterangan:
Dari
hadits diatas dapat disimpulkan bentuk dzkir sebagai berikut:
Mengucap
Subahanalloh (سُبْحَانَ
اللّهُ) sebanyak
25 kali, kemudian
Mengucap
Alhamdulillah (الْحَمْدُ
لِلّهُ) sebanyak
25 kali, kemudian
Mengucap
Allohu akbar ( اللّهُ أكْبَرُ) sebanyak 25 kali, kemudian
Mengucap
Laa ilaaha illalloh (لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ) sebanyak 25 kali, sehingga genaplah menjadi seratus.
Adapun menurut Ibnul Qoyyim dalam kitabnya Zaadul Ma’ad
kalimat tahlil yang dimaksud adalah
)لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ
الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ(
7. عن أبي هريرة قال: جاء الفقراءُ إلى النبي صلى الله عليه وسلّم فقالوا: ذَهَبَ
اَهلُ الدُّثُورِ منَ الأَموَالِ بِالدَّرجاتِ العُلَا والنَّعِيمِ المُقِيمِ، يُصلّون
كما نُصلِّى ويَصُومون كما نَصُوم ولهم فضْلُ أموالٍ يَحُجُّون بِها ويَعتَمِرُون
ويُجَاهدون ويَتَصَدَّقُون. قال: أَلَا أُحَدِثُّكُم بما إن أخذْتُم أدْرَكْتُم مَن
سبقكم ولم يدرِكْكُم احدٌ بعدَكُم وكنتم خيرَ مَن أنْتُم بَيْنَ ظهرَانَيْه إلاّ
من عمل مثله: تسبّحون وتحمدون وتكبّرون خلْفَ كُلِّ صلاةٍ ثلاثا وثلاثين. (صحيح،
أخرجه البخاري و مسلم وابن خزيمة)
Dari Abu Huroiroh
berkata: Orang-orang fakir mendatangi Nabi lau berkata: “Orang-orang kaya telah
memperoleh derajat yang tinggi dan kenikmatan yang tetap, mereka sholat
sebagaimana kami sholat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa namun mereka
punya harta lebih yang dengan harta itu mereka melaksanakan haji, umroh, jihad
dan shodaqoh.” Nabi bersabda: “Maukah aku ajari sesuatu yang jika kalian
mengambilnya/melakukannya kalian akan dapat menyusul orang yang mendahului
kalian dan tiada seorangpun yang akan menyusul kalian kecuali orang yang
mengamalkan seperti yang (akan) kalian amalkan. Kalian bertasbih dan bertahmid
dan bertakbir disetiap selesai sholat wajib sebanyak tiga pulu tiga kali.”
(shohih; dikeluarkan oleh imam Al-Bukhori, Muslim,
Ibnu Khuzaimah)
Keterangan:
Dari
hadits diatas dapat disimpulkan bentuk dzkir sebagai berikut:
Mengucap
Subahanalloh (سُبْحَانَ
اللّهُ) sebanyak
33 kali, kemudian
Mengucap
Alhamdulillah (الْحَمْدُ
لِلّهُ) sebanyak
33 kali, kemudian
Mengucap
Allohu akbar ( اللّهُ أكْبَرُ) sebanyak 33 kali.
8. عن عبد الله بن عمرو قال: قال رسول الله صلّى
الله وسلّم: خَصْلَتَان لا يُحَافظ عليهما عبدٌ مسلمٌ إلاّ دخل الجنّة. (ألا) وهما
يسيرٌ، ومَن يَعملُ بهما قليلٌ، يُسبِّحُ اللهَ في دبرِ كلّ صلاة (مكتُوْبَةٍ) عشرًا
ويحمده عشرا يكبّره عشرا فذلك خمسون ومائةٌ في اللسان وألفٌ وخمسِمائةٍ في
الميزانِ، ويكبِّرُ أربعًا وثلاثين إذا أخذ مضجعه ويحمد ثلاثا وثلاثين ويسبح ثلاثا
وثلاثين فذلك مائةٌ باللسان وألفٌ في الميزان. فأيُّكم يعمل في اليوم والليلة
ألفين وخمسمائة سيّئةٍ؟ قالوا: يا رسول الله، كيف هما يسيرٌ ومن يعمل بهما قليلٌ؟
قال: يأتي احدكم الشيطانُ اذا فرغ من صلاتهِ فيُذكّرُه حاجةً كذا وكذا فيقومُ ولا
يقولها، فاذا اضطجع يأتيه الشيطانُ فينوِّمهُ قبل أن يقولها. قال عبد الله (رأيتُ
رسولَ الله صلّى الله عليه وسلّم يقعدُ التسبيحَ بيمينه). (صحيح، أخرجه أبو داود وأحمد والنسائي والترمذى
وابن ماجه وابن حبان)
Dari ‘Abdulloh bin ‘Amr beliau berkata: Bersabda
Rosululloh: “Dua macam (amalan) yang tidaklah seorang hamba memelihara keduanya
melainkan dia akan masuk surga. Ketahuilah! Keduanya itu mudah (untuk
diamalkan), namun sedikit orangyang mengamalkannya, yaitu mensucikan Alloh
(bertasbih) dibelakan sholat wajib sepuluh kali (10x), dan memuji-Nya
(bertahmid) sepuluh kali (10x), dan mengagungkan-Nya (bertakbir) sepuluh kali
(10x), maka yang demikian itu menjadi seratus lima puluh (150) pada ucapan dan
seribu lima ratus (1500) pada timbangan. Dan (yang kedua) bertakbir tiga puluh
empat kali (34x) ketika akan tidur, dan bertahmid tiga puluh tiga kali (33x),
dan bertasbih tiga puluh tiga kali (33x), maka yang demikian itu menjadi
seratus (100) dalam ucapan dan seribu (1000) dalam timbangan. Maka siapakah
diantaramu yang bisa mengerjakan dua ribu lima ratus (2500) kesalahan dalam
sehari semalam?” para sahabat bertanya: “Ya Rosululloh, mengapa dua hal itu
mudah diamalkan namun sedikit yang mengamalkan?” Rosululloh menjawab: “Karena
syaitan mendatangi salah seorang diantaramu apabila ia selesai dari sholatnya
(yang wajib/fardlu), lalu syaitan mengingatkannya akan keperluan ini dan itu,
lalu orang itu pun bangun dan tidak mengucapkannya. Kemudian syaitan
mendatanginya apabila ia hendak tidur, lalu syaitan menidurkannya sebelur ia
mengucapkannya.” Berkata ‘Abdulloh bin ‘Amr: “Aku melihat Rosululloh menghitung
bacaan tasbih dengan tangan kanannya.”
(Shohih; dikeluarkan oleh Abu Daud, Ahmad,
An-Nasai, At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ibnu Hibban)
Keterangan:
Sabda Rosululloh: “…maka yang demikian itu menjadi seratus lima puluh
(150) pada ucapan dan seribu lima ratus (1500) pada timbangan…” maksudnya
adalah 10 tasbih ditambah 10 tahmid ditambah 10 takbir sehingga menjadi 30
ucapan dzikir pada setiap sholat fardlu. Maka dalam lima kali sholat fardlu
dalam sehari semalam terkumpul 150 ucapan dzikir, yang dalam timbangan dihitung
1500 kebaikan.
Hadits diatas menjelaskan amalan agung yang bila diamalkan secara
istiqomah oleh seorang mukmin maka ia akan masuk surga, sebagaimana sabda Nabi:
“…tidaklah seorang hamba memelihara keduanya melainkan dia akan masuk
surga…”
Dari hadits diatas juga, sebagaimana perkataan ‘Abdulloh bin ‘Amr: “Aku
melihat Rosululloh menghitung bacaan tasbih dengan tangan kanannya.” dapat
disimpulkan bahwa menghitung tasbih (dzikir) yang sunnah adalah menggunakan
tangan kanan, bukan dengan tangan kiri apalagi dengan batu-batuan, biji tasbih
dan sebagainya, inilah yang utama. namun saya lebih sepakat pada pendapat tentang bolehnya menghitung wirid tangan kanan ataupun kiri dan dengan tasbih selama menjaga adab dan bukan bermaksud pamer.
9. عن أبي أُمامة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: منْ قرأَ
آيةَ الكُرسيِّ في دُبُر كلِّ صلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِن دُخُول
الجَنَّةِ إلى أنْ يَموت. (صحيح، أخرجه النسائي وابن السني وابن حبان)
Dari Abi Umamah berkata: Rosululloh bersabda “
Siapa saja yang membaca ayat kursi disetiap selesai sholat wajib niscaya tidak
ada yang menghalanginya untuk masuk surge sampai ia meninggal.”
(Shohih;
dikeluarkan oleh imam An-Nasa’I, Ibnu Sunni, Ibnu Hibban)
Keterangan:
Bentuk dzikir yang diajarkan di hadits ini adalah membaca ayat
Al-Qur’an, yaitu membaca surat Al-Baqoroh ayat 255 atau ayat kursiy:
اللهُ
لاَ اِلَهَ إِلاَّ هُوَالحَيُّ الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ
لَهُ مَا فِي السَّمَوَتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ
عِنْدَهُ اِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ
وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ
السَّموتِ وَالأَرْضِ وَلاَ يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
10. عن عقبة بن عامر قال: أمرنِي رسول اللهِ صلى
اللهُ عليه وسلّم أنْ أقرأَ بِالمُعَوِّذَاتِ في دُبُرِ كُلِّ صلاةٍ (صحيح، أخرجه وأحمد والنسائي وابن خزيمة
والحاكم وابن حبان وابن حبان)
Dari ‘Uqbah bin ‘Amir berkata: “Rosululloh
menyuruhku untuk membaca almu’awwidzaat disetiap selesai sholat.”
(Shohih;
dikeluarkan oleh imam Ahmad, An-Nasa’I, Ibnu Khuzaimah, Al-Hakim, Ibnu Hibban,
Ibnu Hibban)
Keterangan:
Almu’awwidzaat adalah surat-surat yang berisi permohonan
perlindungan pada Alloh, yang dimaksud adalah surat Al-Ikhlash, Al-Falaq dan
An-Nas.
Surat
tersebut dibaca masing-masing satu kali selepas sholat wajib.
Demikianlah beberapa hadits shohih
tentang dzikir setelah sholat wajib yang kami kumpulkan dari bebrapa sumber.
III.
BEBERAPA
KAIDAH DALAM BERDZIKIR SETELAH SHOLAT FARDLU
Setelah memperhatikan
hadits-hadits tadi, dapat disimpulkan kaidah-kaidah dzikir sebagai berikut:
1.
Bahwa dzikir merupakan
ibadah yang mana harus datang keterangannya dari Al-Qur’an dan as-Sunnah yang
shohih.
2.
Bahwa dzikir setelah sholat
fardlu itu ada yang merupakaan bacaan istighfar, tasbih, tahmid, takbir, tahlil
dan ayat atau surat dari Al-Qur’an sebagaimana terdapat dalam beberapa hadits
diatas.
3.
Bahwa dzikir setelah sholat
fardlu merupakan ibadah yang telah datang ketentuannya dari Rosululloh yang
mencakup sifat (lafadz) nya, bilangannya dan waktunya (sebagaimana telah lewat
dalil-dalil yang shohih tadi). Maka siapapun tidak boleh merubah ketentuan
tersebut, baik menambah maupun menguranginya.
4.
Bahwa dzikir itu ada tiga
(3) kategori macam berdasarkan sifatnya
a. Dzikir yang tertentu sifat, bilangan, waktu dan tempatnya.
b. Dzikir yang terikat dengan salah satu atau lebih dari empat ketentuan
diatas. Seperti dzikir setelah sholat yang telah terikat bilangan dan waktunya.
c. Dzikir yang tidak terikat dengan ketentuan diatas, yaitu bersifat umum.
Seperti kalimat-kalimat thoyyibah yang diucapkan diwaktu senggang tanpa
ketentuan bilangan, lafadz, tempat dan waktu.
5.
Bahwa hadits-hadits tentang
dzikir itu ada yang shohih dan dlo’if, karena suatu ibadah harus memiliki dasar
hukum yang jelas dan diakui (shohih) maka pada tulisan ini kami sampaikan hanya
hadits-hadits yang shohih sejauh pengetahuan kami. Wallohua’lam.
IV.
BEBERAPA
KESIMPULAN
1.
Oleh karena dzikir setelah
sholat fardlu merupakan ibadah agung yang telah ada keterangannya dari
Rosululloh, maka setiap muslim wajib berdzikir dengan apa yang telah Rosululloh
ajarkan. Barangsiapa yang tidak mengamalkan sesuai ajaran Rosululloh maka
amalan tersebut lebih condong kepada kesalahan bahkan dikuatirkan termasuk bid’ah yang
tercela.
2.
Terdapat sepuluh sifat
dzikir yang mana setiap dzikir memiliki fadhilah (keutamannya) masing-masing,
sebagaimana dhohir hadits diatas. Maka setiap muslim boleh memilih salah satu
cara dzikir yang diinginkannya.
3.
Diantara hikmah dari
beragamnya sifat dzikir adalah agar seorang muslim bisa memilih cara dzikir
yang paling disenanginya baik karena kutamaannya maupun karena keadaan. Semisal
orang yang sibuk ingin dzikir yang singkat sedang orang yang senggang ingin
dzikir yang panjang. Dan juga agar seorang muslim tidak bosan dengan satu bentuk
dzikir saja, sehingga bisa melakukan beberapa variasi bentuk dzikir.
4.
Syaikh Bin Baz menjelaskan
bahwa setiap do’a memiliki keutamaan, sehingga bila menggabungkan beberapa do’a
sekaligus insyaalloh terkumpul beberapa keutamaan sekaligus selama tidak menyelisihi
kaidah-kaidah agama. Adapun cara mengurutkan gabungan dzikir-dzikir diatas berdasarkan
penjelasan asatidz adalah:
a. membaca sifat dzikir kesatu (hadits pertama),
b. kemudian Membaca sifat dzikir kedua (hadits kedua),
c. kemudian dilanjutkan sifat dzikir tasbih, tahmid dan takbir.
d. kemudian membaca ayat kursi dan tiga surat Al-Mu’awwidzaat
5.
Syaikh Abdul Aziz Bin Baz (Ketua Lembaga Kajian dan
Fatwa Kerajaan Saudi) dalam buku Shifat Sholat Nabi menuliskan bentuk dzikir
lengkap sebagai berikut:
أَسْتَغْفِرُالله 3x
اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَم
وَمِنْكَ السّلاَم تَبَارَكْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْإِكْرَامِ
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا
بِاللهِ لاَإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَلاَ نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ لَهُ النِّعْمَةُ وَلَ
هُ الْفَضلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ
مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ
لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَمَانِعَ لِمَا
أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَالْجَدِّ مِنْكَ
الْجَدُّ
سُبْحَانَ اللهِ….. 33x
الْحَمْدُ لِلَّهِ….. 33x
اللهُ أَكْبَر….. 33x
لاَإِلَهَ إِلاَّ الله وَحْدَهُ لاَ
شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
اللهُ لاَ اِلَهَ إِلاَّ هُوَالحَيُّ
الْقَيُّوْمُ لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَوَتِ وَمَا
فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ اِلاَّ بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ
مَا بَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلاَ يُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ
عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاء وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأَرْضِ وَلاَ
يَئُوْدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ
سُوْرَةُ الإِخْلَاصِ
سُوْرَةُ الْفَلَقِ
سُوْرَةُ النَّاسِ
6.
V.
BEBERAPA
AMALAN SETELAH SHOLAT YANG TIDAK ADA TUNTUNANNYA DARI NABI
1.
Mengusap wajah setelah
salam.
2.
Saling bersalaman setelah
salam, sesama makmum maupun dengan imam.
3.
Menghitung dzikir
menggunakan alat, semisal batuan, biji tasbih dan semacamnya.
4.
Berdzikir dengan bacaan
yang tidak ada sumbernya dari Rosululloh, semisal bertahmid setelah salam atau
membaca alfatihah dan sebagainya.
5.
Berdzikir dengan suara
keras, bersama-sama dan dipimpin satu komando/imam. Dalam masalah ini silahkan
membaca buku-buku yang mengulasnya, diantaranya:
a. “Apa kata IMAM SYAFI’I tentang DZIKIR BERJAMA’AH setelah shalat wajib
dengan SUARA KERAS?, Penulis Ibnu Saini Bin Muhammad Bin Musa, Penerbit
Mu’awiyah Bin Abi Sufyan jakarta.
b. “Sorotan Tajam terhadap Dzikir Jama’i, Koreksi Buku “Dzikir Berjama’ah :
Sunnah atau Bid’ah?” Karya KH Ahmad Dimyathi Badruzzaman, MA, Penulis Al-Ustadz
Muhammad Arifin Baderi, Diterbitkan oleh Yayasan Al-Sofwa dalam bentuk e-book.
6.
Setelah dzikir jama’ah
berdiri untuk saling bersalaman sambil melantunkan sholawat.
7.
Mencium tanah tempat sujud
atau bersujud sebelum meninggalkan tempat.
8.
Menggoyangkan badan sembari
berdzikir.
*saya tidak menyebutkan tegas bahwa kesalahan-kesalan diatas merupakan bid'ah apalagi tidak sah untuk diamalkan, dalam hal ini silahkan pembaca merujuk pada keterangan para ulama dan asatidz yang menguasai ilmu. Cukuplah bagi kita mencontoh teladan utama kita yaitu Rosululloh Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam.
VI.
PENUTUP
Demikian
risalah singkat ini kami buat berdasarkan kemampuan dan pengetahuan kami, bila
benar maka itu karena hidayah dan kemurahan Alloh dan bila salah maka itu
karena kebodohan kami dan kami memohon ampunan kepada Alloh ta’ala. Kami
berdo’a semoga tulisan ini semata-mata hanyalah
untuk mencari ridlo-Nya. Wallohu a’lamu bish showab.
Diantara
sumber referensi bacaan:
1.
Hishnul
Muslim Min Adzkaril Kitab Was Sunnah; Syaikh Sa’id bin Ali bin Wahf
Al-Qohthoniy,
2.
Zaadul
Ma’ad; Al-Imam Ibnul Qoyyim.
3.
Silsilah
Ahadits Ash-Shohihah; Syaikh Nashiruddin Al-Albani; Maktabah Al-Ma’arif Riyadh.
4.
Sifat
Sholat Nabi Minat Takbir Ilat Taslim; Syaikh Abdulloh bin Abdurrohman AlJibrin;
5.
Zaadul-Ma’ad
Bekal Perjalanan ke Akherat; Edisi terjemah Zaadul Ma’ad; Pustaka Azzam.
6.
Sifat
Dzikir Nabi Shollallohu alaihi wasallam Sesudah Sholat yang wajib/fardhu;
Al-Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat; Maktabah Mu’awiyah bin Abi Sufyan.
7.
Tuntunan
Ibadah Praktis, Ustadz Asep Shalahudin,S.Ag.; Suara Muhammadiyah.
8.
Tuntuna
Dzikir & Do’a Menurut Putusan tarjih Muhammadiyah; Majelis Tarjih dan
Tajdid PP Muhammadiyah; Suara Muhammadiyah.
Ditulis di Panti Asuhan Umar Bin
Khottob Srumbung, Syawwal 1432 H/September 2011.
Penulis
Heri Sunaryo bin Djuwari
CP: 08562911460 e-mail: herisun_m3@yahoo.com
NB: kritik, saran, masukan dan
koreksi mohon disampaikan secara terbuka dan santun.
12 komentar:
Trima kasih ..
bagus sob...
Tulisan arabnya mohon untuk dicek lagi, seperti pada doa "allohumma laa maani'a....." di sana tulisan arab "wa laa tanfa'u" seharusnya "wa laa yanfa'u", syukron ...
terima kasih artikelnya
mau nanya, ada yg bilang kalau berzikir dan berdoa secara berjamaah setelah shalat dan bersalam salaman adalah bid'ah, apa benar demikian adanya ?
kalau memang benar, bagaimana seharusnya sy, sy berada ditempat baru, yg orang2 disini berzikir bersama berdoa bersama dan bersalam salaman. kalau ketika sy jadi makmum terkadang sy ikuti mereka terkadang tidak, tp bagaimana sikap sy seharusnya ketika diminta jadi imam ? apakah harus mengikuti kebiasaan mereka atau tegas dg tdk mengikuti mereka ? apa langkah yg harus sy lakukan agar mereka tdk sakit hati dan sy tdk melakukan bid'ah ?
Sangat bermamfaat,dengan menjunjung tinggi perintah agama islam yang sebenar-benarnya dan di ridoi oleh allah SWT..Amin
sangat bermanfaat. terimakasih banyak... sekarang saya malah menjadi minoritas semenjak menempuh studi di ranah orang. tp mau tdk mau sy hrs mengikuti perintah ustadz yg ada di kampus saya... sebagai wujud toleransi
Kalo baca ayat kursi setelah sholat fardu ada hadist shahihnya gak??
numpang share ya gan.... soalnya bagus sekali artikelnya
sippp keren om
Terimakasih tulisannya sangat baik untuk dilaksanakan.
Kenapa berdzikir dengan suara keras dianggap tidak ada tuntunannya dari Rasulullah?
Padahal dalam kitab shahih muslim itu dijelaskan bahwa berdzikir dengan suara keras setelah shalat itu terjadi pada masa Rasulullah
Posting Komentar